Cara mengubah Flashdisk atau Harddisk External menjadi exFAT

Mungkin kamu masih belum begitu familiar dengan exFAT, tetapi bagaimana dengan NTFS..atau FAT32? Yup..exFAT adalah jenis file system, sama seperti NTFS dan FAT32. exFAT termasuk file system modern yang memiliki berbagai keunggulan, antara lain:
  1. Bisa dibaca Windows maupun Mac OS, sehingga kamu bisa saling bertukar file antar OS tanpa harus memformat terus menerus.
  2. Bisa menyimpan file yang memiliki ukuran hingga 1 juta TB, jauh lebih besar dari FAT32 yang hanya bisa menyimpan file dengan ukuran maksimal 4GB.
  3. Ukuran cluster hingga 32MB
Nah dari berbagai kelebihan exFAT, salah satu kelebihan yang PG sukai adalah kemampuan exFAT untuk dibaca oleh Mac maupun Windows. Hal ini membuat kamu bisa bertukar file antar kedua OS tersebut melalui flashdisk atau hardisk eksternal dengan jauh lebih mudah.
Jika kamu sering bertukar file dengan teman-teman yang memiliki platform OS berbeda, PG sarankan kamu mengubah file system Flashdisk dan Hardisk Eksternalmu menjadi exFAT.

Saatnya Mengubah Flashdisk dan Hardisk Eksternal Kamu menjadi exFAT
 
Caranya mudah kog, cukup ikuti panduan berikut ini :
1. Dengan menggunakan komputer Windows, format Flashdisk atau Hardisk Eksternalmu
Saatnya Mengubah Flashdisk dan Hardisk Eksternal Kamu menjadi exFAT

2. Pilih exFAT sebagai file system
Saatnya Mengubah Flashdisk dan Hardisk Eksternal Kamu menjadi exFAT
3. Start format

Sudah deh beres! Gampang khan ^^
Satu hal yang perlu diingat adalah kamu harus memformatnya melalui Windows, karena kamu tidak bisa memformat exFAT di Mac OS.
Walaupun banyak kelebihannya, ada juga kekurangan dari exFAT. Salah satunya adalah exFAT hanya mendukung sistem operasi baru saja seperti Windows XP Sp2, Windows Vista SP1, Windows Server 2008, Windows 7, Mac OS Leopard 10.6.5 keatas, dan Mac OS Lion.
Dengan mengubah file system flashdisk atau hardisk eksternal kamu menjadi exFAT, kamu bisa bertukar file antar MAC dan Windows dengan jauh lebih mudah.
Load disqus comments

0 komentar