Membangun Pengubah Kurs Sederhana

Tutorial ini memperkenalkan kerangka kerja aplikasi web Prado dan mengajarkan Anda bagaimana untuk membangun aplikasi web sederhana dalam beberapa langkah sederhana. Tutorial ini menganggap bahwa Anda terbiasa dengan PHP dan Anda telah mengakses server web yang dapat melayani naskah PHP5.
Dalam tutorial ini Anda akan membangun aplikasi web sederhana yang mengubah nilai dolar ke kurs lain, nilai kurs yang disediakan untuk kurs tersebut relatif terhadap dolar. Aplikasi lengkap ditampilkan di bawah ini. Anda dapat
mencoba aplikasi secara lokal atau di Pradosoft.com. Catatan bahwa aplikasi masih berfungsi sama persis apabila javascript tidak tersedia pada browser pengguna.

Men-download dan Menginstalasi Prado

Untuk menginstalasi Prado, cukup download versi terbaru Prado dari http://www.pradosoft.com dan uraikan file ke sebuah direktori yang tidak dapat diakses oleh server web Anda (Anda dapat menguraikannya ke sebuah direktori yang dapat diakses oleh server web jika Anda ingin melihat demo dan pengujian). Untuk instalasi lebih rinci, lihat bimbingan Instalasi Cepat.

Membuat Aplikasi web Prado baru

Cara tercepat dan termudah untuk membuat aplikasi web Prado baru adalah menggunakan piranti perintah prado-cli.php yang ditemukan dalam direktori framework pada distribusi Prado. Kita membuat aplikasi baru dengan menjalankan perintah berikut dalam prompt perintah atau konsol Anda. Perintah membuat direktori baru bernama currency-converter dalam direktori kerja Anda saat ini. Anda perlu mengubahnya ke direktori yang benar terlebih dahulu. Lihat Piranti Baris Perintah untuk lebih jelasnya.
php prado/framework/prado-cli.php -c currency-converter
Perintah di atas membuat struktur direktori yang diperlukan dan file minimal (termasuk "index.php" dan "Home.page") untuk menjalankan aplikasi Prado. Sekarang Anda dapat mengarahkan url browser Anda ke server web untuk melayani naskah index.php dalam direktori currency-converter. Seharusnya Anda melihat pesan "Welcome to Prado!"

Membuat Antarmuka Pengguna Pengubah Kurs

Kita mulai dengan mengedit file Home.page yang ditemukan dalam direktori currency-converter/protected/pages/. File yang berakhiran dengan ".page" adalah template halaman yang berisi HTML dan kontrol Prado. Kita cukup menambah dua kotak teks, tiga label dan satu tombol seperti berikut.
<com:TForm>
    <fieldset>
        <legend>Currency Converter</legend>
        <div class="rate-field">
            <com:TLabel ForControl="currencyRate" Text="Exchange Rate per $1:" />
            <com:TTextBox ID="currencyRate" />
        </div>
        <div class="dollar-field">
            <com:TLabel ForControl="dollars" Text="Dollars to Convert:" />
            <com:TTextBox ID="dollars" />
        </div>
        <div class="total-field">
            <span class="total-label">Amount in Other Currency:</span>
            <com:TLabel ID="total" CssClass="result" />
        </div>
        <div class="convert-button">
            <com:TButton Text="Convert" />
        </div>
    </fieldset>
</com:TForm>
Jika Anda menyegarkan halaman, Anda akan melihat sesuatu mirip dengan gambar berikut. Ia mungkin terlihat tidak cukup bagus atau berurut, tapi kita akan mengubahnya nanti dengan menggunakan CSS.
Komponen pertama yang kita tambahkan adalah TForm yang pada dasarnya terkait ke elemen HTML <form>. Dalam Prado, hanya satu elemen TForm dibolehkan per halaman.
Dua pasang komponen berikutnya yang kita tambahkan adalah TLabel dan TTextBox yang pada dasarnya mendefinisikan sebuah label dan kotak teks bagi pengguna aplikasi untuk memasukan nilai pertukaran kurs. Nilai properti ForControl property menentukan komponen mana label diperuntukan. Ini membolehkan pengguna aplikasi mengklik pada label untuk memfokuskan pada field (hal yang baik). Anda mungkin telah menggunakan elemen biasa HTML <label> untuk melakukan hal yang sama, tapi Anda harus mencari ID yang benar pada kotak teks (atau <input> dalam HTML) karena komponen Prado dapat/mungkin menyajikan nilai ID secara berbeda dalam output HTML.
Pasangan komponen berikutnya adalah sama dan mendefinisikan kotak teks guna menampung nilai dolar yang akan dikonversi. TLabel dengan nilai ID "total" mendefinisikan label sederhana. Catatan bahwa properti ForControl tidak ada. Ini berarti bahwa label ini merupakan sebuah label yang akan dipakai untuk menampilkan jumlah total yang dikonversi.
Komponen terakhir adalah TButton yang akan diklik oleh pengguna untuk menghitung hasil. Properti Text menetapkan label tombol.

Mengimplementasikan Konversi Kurs

Jika Anda mencoba mengklik pada tombol "Convert" kemudian halaman akan menyegarkan dan tidak melakukan apapun. Agar tombol melakukan beberapa pekerjaan, kita perlu menambahkan "Home.php" ke di mana "Home.page" berada. Kelas Home harus memperluas TPage, basis kelas standar untuk semua halaman Prado.
<?php
class Home extends TPage
{
 }
?>
Prado menggunakan metode PHP __autoload untuk mengambil kelas. Konvensi adalah untuk menggunakan nama kelas dengan ekstensi ".php" sebagai nama file.
Sejauh ini tidak ada hal menarik mengenai Prado, kita hanya mendeklarasikan beberapa "komponen web" dalam beberapa file template bernama Home.page dan membuat sebuah file "Home.php" dengan kelas Home. Sedikit yang lebih menarik adalah arsitektur kendali-event Prado seperti yang akan kita lihat nanti.
Kita menginginkan bahwa saat pengguna mengklik tombol "Convert", kita mengambil nilai dalam kotak teks, melakukan beberapa perhitungan dan menyajikan kepada pengguna dengan total nilai yang dikonversi. Untuk menangani pengguna mengklik pada tombo "Convert", kita cukup menambahkan sebuah properti OnClick ke tombol "Convert" dalam template "Home.page" dan menambahkan metode pengendali event terkait dalam "Home.php".
<com:TButton Text="Convert" OnClick="convert_clicked" />
Nilai dari OnClick, "convert_clicked", akan menjadi nama metode dalam "Home.php" yang akan dipanggil saat pengguna mengklik tombol "Convert".
class Home extends TPage
{
    public function convert_clicked($sender, $param)
    {
        $rate = floatval($this->currencyRate->Text);
        $dollars = floatval($this->dollars->Text);
        $this->total->Text = $rate * $dollars;
    }
}
Jika Anda menjalankan aplikasi dalam web browser Anda, masukkan beberapa nilai dan klik tombol "Convert" kemudian Anda akan melihat nilai yang dihitung ditampilkan di dekat label "Amount in Other Currency".
Dalam metode "convert_clicked" parameter pertama, $sender, berhubungan dengan obyek yang memunculkan event, dalam hal ini, tombol "Convert". Parameter kedua, $param berisi data tambahan lain di mana obyek $sender yang ingin ditambahkan.
Sekarang kita akan memeriksa, tiga baris yang mengimplementasikan konversi kurs sederhana dalam metode "convert_clicked".
$rate = floatval($this->currencyRate->Text);
Pernyataan $this->currencyRate berhubungan dengan komponen TTextBox dengan nilai ID "currencyRate" dalam template "Home.page". Properti Text dari TTextBox berisi nilai yang dimasukan oleh pengguna. Maka kita memperoleh nilai ini dengan $this->currencyRate->Text yang kita konversi nilainya ke nilai pecahan.
$dollars = floatval($this->dollars->Text);
Baris berikutnya melakukan hal yang mirip, ia mengambil nilai pengguna dari TTextBox dengan nilai ID "dollars dang mengubahnya ke nilai pecahan.
Baris ketiga menghitung jumlah baru dan menyetel nilai ini dalam properti Text dari TLabel dengan ID="total". Selanjutnya, kita tampilkan jumlah baru ke pengguna dalam label.
$this->total->Text = $rate * $dollars;

Menambahkan Validasi

Cara kita mengubah nilai yang dimasukan oleh pengguna ke pecahan memastikan bahwa jumlah total selalu sebuah angka. Maka pengguna bebas untuk memasukan apapun yang mereka sukai, bahkan mereka dapat memasukan huruf. Pengalaman pengguna dalam pemakaian aplikasi dapat ditingkatkan dengan menambahkan validator untuk memberitahu pengguna atas nilai yang dibolehkan dalam kurs mata uang dan jumlah yang akan dihitung.
Untuk kurs mata uang, kita harus memastikan bahwa
  1. pengguna memasukan sebuah nilai,
  2. kurs mata uang adalah angka yang benar,
  3. kurs mata uang adalah positif.
Untuk memastikan poin 1 kita menambahkan satu TRequiredFieldValidator. Untuk memastikan poin 2 dan 3, kita menambahkan satu TCompareValidator. Kita dapat menambahkan validator ini di mana saja di dalam template "Home.page". Perincian selanjutnya mengenai validator ini dan validator lainnya dapat ditemukan dalam halaman Validation Controls.
<com:TRequiredFieldValidator
    ControlToValidate="currencyRate"
    ErrorMessage="Please enter a currency rate." />
<com:TCompareValidator
    ControlToValidate="currencyRate"
    DataType="Float"
    ValueToCompare="0"
    Operator="GreaterThan"
    ErrorMessage="Please enter a positive currency rate." />
Untuk jumlah yang dihitung, kita harus memastikan bahwa
  1. pengguna memasukan sebuah nilai,
  2. nilai adalah angka yang benar (tidak menyertakan tanda kurs atau dolar).
Untuk memastikan 1 kita cukup menambahkan TRequiredFieldValidator lainnya, untuk 2 kita dapat menggunakan TDataTypeValidator. Untuk memudahkan kita hanya membolehkan pengguna untuk memasukan sebuah angka untuk jumlah yang ingin mereka ubah.
<com:TRequiredFieldValidator
    ControlToValidate="dollars"
    ErrorMessage="Please enter the amount you wish to calculate." />
<com:TDataTypeValidator
    ControlToValidate="dollars"
    DataType="Float"
    ErrorMessage="Please enter a number." />
Sekarang jika Anda mencoba memasukan beberapa data tidak benar dalam aplikasi atau membiarkan field kosong validators akan diaktifkan dan menyajikan pesan kesalahan kepada pengguna. Catatan bahwa pesan kesalahan disajikan tanpa mengambil ulang halaman. Validator Prado standarnya memvalidasi javascript dan di dalam server. Validasi di dalam server selalu dilakukan. Untuk sisi server, kita harus melewati perhitungan jika validator tidak memuaskan. Ini dapat dilakukan seperti berikut.
public function convert_clicked($sender, $param)
{
    if($this->Page->IsValid)
    {
        $rate = floatval($this->currencyRate->Text);
        $dollars = floatval($this->dollars->Text);
        $this->total->Text = $rate * $dollars;
    }
}

Meningkatkan Pengalaman Pengguna Dengan Kontrol Aktif

Memerlukan Prado versi 3.1a atau lebih baru.
Dalam aplikasi sederhana selanjutnya kita dapat memperbaiki pengalaman pengguna dengan meningkatkan tanggapan aplikasi. Satu cara untuk mencapai respon tercepat adalah menghitung dan menyajikan hasil tanpa mengambil ulang seluruh halaman.
Kita dapat mengganti TButton dengan pasangan Kontrol Aktif, TActiveButton, yang dapat memicu event klik di dalam server tanpa mengambil ulang halaman. Sebagai tambahan, kita dapat mengubah "total" TLabel dengan pasangan Kontrol Aktif, TActiveLabel, dengan demikian di dalam server dapat memutakhirkan browser tanpa mengambil ulang halaman.
<div class="total-field">
    <span class="total-label">Amount in Other Currency:</span>
         <com:TActiveLabel ID="total" CssClass="result" />
    </div>
    <div class="convert-button">
        <com:TActiveButton Text="Convert" OnClick="convert_clicked" />
</div>
Logika di dalam server tetap sama, kita hanya perlu mengimpor ruang nama Kontrol Aktif karena secara standar tidak disertakan. Kita menambahkan baris berikut ke awal "Home.php".
Prado::using('System.Web.UI.ActiveControls.*');
Jika Anda mencoba aplikasi sekarang, Anda akan melihat bahwa halaman tidak perlu lagi mengambil ulang untuk menghitung dan menampilkan jumlah total yang dikonversi. Akan tetapi, karena di sana tidak ada pengambilan halaman ulang, tidak ada petunjuk atau tidak jelas bahwa dengan mengklik pada tombol "Convert" telah terjadi. Selanjutnya kita bisa memperbaiki pengalaman pengguna dengan mengunah label teks "total" menjadi "calculating..." saat pengguna mengklik tombol "Convert". Label teks "total" masih dimutakhirkan dengan jumlah perhitungan baru seperti sebelumnya.
Untuk mengindikasikan bahwa perhitungan sedang berlangsung, kita dapat mengubah label teks "total" sebagai berikut. Kita menambahkan properti ClientSide.OnLoading ke tombol "Convert" (karena tombol ini bertanggung jawab terhadap permintaan perhitungan).
<com:TActiveButton Text="Convert" OnClick="convert_clicked" >
    <prop:ClientSide.OnLoading>
        $('<%= $this->total->ClientID %>').innerHTML = "calculating..."
    </prop:ClientSide.OnLoading>
</com:TActiveButton>
ClientSide.OnLoading dan berbagai properti lainnya menerima blok javascript sebagai konten atau nilainya. Kode javascript $('...') adalah fungsi javascript sama dengan document.getElementById('...') yang mengambil string dengan ID dari elemen HTML. Karena Prado menyajikan ID komponennya, kita perlu menggunakan ID yang disajikan dari label "total", yakni $this->total->ClientID. Kita tempatkan sedikit kode ini ini di dalam <%= %> untuk memperoleh ID HTML yang disajikan untuk label "total". Kode javascript sisanya innerHTML = "calculating..." cukup mengubah konten label "total".

Menambahkan Sentuhan Akhir

Sejauh ini kita telah membangun aplikasi web pengubah kurs sederhana dengan sedikit perhatian terhadap penampilannya. Sekarang kita dapat menambahkan stylesheet guna meningkatkan penampilan secara keseluruhan aplikasi. Kita cukup menambahkan inline stylesheet dengan kode template atau kita membuat sebuah "tema".
Untuk membuat dan menggunakan tema dengan aplikasi Prado, kita membuat direktori baru "themes/Basic" dalam direktori currency-converter. Anda mungkin perlu untuk membuat direktori themes lebih dahulu. Direktori apapun di dalam themes dianggap sebagai tema dengan nama temanya adalah nama direktori. Lihat Tema dan Skin untuk lebih jelasnya.
Kita cukup dengan membuat file CSS bernama "common.css" dan menyimpannya dalam direktori themes/Basic. Kemudian kita menambahkan kode berikut ke awal "Home.page" (kita menambahkan sedikit kode HTML juga).
<%@ Theme="Basic" %>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" xml:lang="en" >
<com:THead Title="Currency Converter" />
<body>
Baris pertama <%@ Theme="Basic" %> mendefinisikan tema yang dipakai untuk halaman ini. THead merujuk ke elemen HTML <head>. Sebagai tambahan terhadap tampilan properti Title pada THead, semua file CSS dalam direktori themes/Basic juga disajikan/dikaitkan untuk halaman saat ini. Aplikasi web pengubah kurs final kita terlihat seperti berikut. Tutorial pengenalan lengkap terhadap kerangka kerja aplikasi web Prado.
Load disqus comments

0 komentar