Apakah PHP itu ?

php, panduan php, pengertian php, pemrograman php, cara buat website
Para sobat blogger, pada Awal postingan ini saya akan memulainya dengan mencoba menguraikan apakah PHP itu. Menurut buku yang saya baca
PHP Singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, merupakan bahasa scripting yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web. Dalam pengembangan aplikasi berbasis web, PHP adalah bahasa server-side, seperti ASP /ASP.NET atau JSP, yang artinya kode-kode PHP dieksekusi
atau diterjemahkan (interpreted) di sisi server. Dengan begitu, ketika ada permintaan di sisi klien, yang diterima berbentuk HTML, XML, teks atau format lainnya, yang mempunyai keuntungan kode PHP tidak terlihat oleh pengguna di sisi klien. Berbeda dengan bahasa scripting client-side seperti JavaScript, skrip JavaScript dieksekusi langsung oleh browser, sehingga kodenya bisa terlihat pengguna. Salah satu kelebihan lain dari PHP adalah dapat disisipkan (embedded) diantara HTML.

PHP merupakan bahasa pemprograman berbasis web yang populer dan banyak digunakan oleh pengembang, dikarenakan kemudahan penggunaannya dan PHP termasuk perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Dengan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka, membuat PHP dapat diambil dengan bebas di Internet, merubah source code (kode sumber) dan mendistribusikan kembali. PHP juga bisa dijalankan di berbagai web server, seperti Apache, IIS, Lighthttpd, Nginx, dan lain sebagainya, dan mendukung berbagai platform sistem operasi. Selain itu, PHP mendukung berbagai database populer seperti MySQL, MsSQL, Sybase, Oracle, PostgreSQL, Generic ODBC dan lain sebagainya.

Bahasa pemprograman yang diperuntukan pengembangan aplikasi web ini banyak digunakan mulai dari aplikasi sederhana sampai dengan aplikasi kompleks untuk perusahaan (enterprise application), perusahaan sebesar Facebook dan Yahoo menggunakan PHP untuk aplikasi web yang mereka kembangkan. PHP versi 5 mendukung penuh pengembangan dengan pemprograman berorientasi object (Object Oriented Programming / OOP), bahkan PHP versi 5.3 dan versi 6 nanti sudah mendukung namespace yang sering dipakai oleh aplikasi-aplikasi serius enterprise.
Load disqus comments

0 komentar